10 Perbedaan Blogger dan WordPress

Bos Gaptek - Apabila kalian termasuk orang-orang yang punya perspektif unik terhadap dunia, memiliki gaya hidup yang ingin dibagikan kepada banyak orang, hobi yang ingin disampaikan, mungkin blogging menjadi salah satu hal yang bisa kalian lakukan.

Untuk memulai blogging, mungkin kebanyakan orang yang masih awam dan baru di dunia ini, belum mengerti bagaimana caranya untuk membuat blog yang baik dan benar. Sebenarnya banyak sekali cara yang dapat kalian lakukan untuk memulai ngeblog di internet. Salah satunya menggunakan Blogger dan Wordpress.
Perbedaan Blogger dan WordPress

Apa sih Blogger dan Wordpress itu? 

Blogger dan Wordpress adalah dua jenis platform berbeda yang dapat kalian gunakan untuk membuat sebuah blog. Kedua platform ini menawarkan berbagai fitur yang unik untuk menunjang kebutuhan ngeblog kalian, meski keduanya memiliki tampilan yang berbeda.

Nah, buat kalian yang masih belum tau apa aja sih perbedaan antara Blogger dan Wordpress, berikut akan kami berikan beberapa perbedaan diantaranya.

10 Perbedaan Blogger dan WordPress

1. Template
Untuk template sebenarnya keduanya cukuplah bervariasi. Dapat kita ketahui tampilan untuk Wordpress akan terlihat lebih kompleks daripada yang ada di Blogger. Hal ini juga yang banyak membuat para pemula lebih sering menggunakan template-template yang ada pada Blogger daripada Wordpress.

2. Import
Jika kalian menggunakan Wordpress untuk blogging, kalian dapat mengimport postingan-postingan milik kalian menggunakan engine Blogspot. Namun apabila kalian menggunakan Blogger, kalian tidak dapat melakukan hal tersebut. Kalian tidak diperbolehkan untuk memindahkan postingan yang ada pada Wordpress tersebut.

3. Selfhost
Selfhost merupakan salah satu langkah yang dapat kalian lakukan apabila ingin memiliki hosting sendiri. Kalian akan menggunakan jasa penyedia hosting apabila menggunakan Selfhost ini. Untuk Wordpresss, kalian sudah dapat menggunakan CMS yang ada pada Wordpress untuk membuat Selfhost sendiri. Namun, untuk Blogger, belum ada selfhost yang dapat menangangi akan hal ini.

4. Plugin
Meskipun kedua platform ini memiliki plugin-plugin yang kebanyakan fugsinya hampir sama, Wordpress tetap menjadi salah satu platform untuk blogging dengan plugin yang lebih kompleks dan sangat membantu. Di Wordpress kalian akan menemukan banyak plugin untuk membantu kebutuhan SEO artikel kalian, dimana di Blogger hal ini tidak dapat kalian temukan sebaik seperti yang ada di Wordpress.

5. Custom Domain
Custom Domain pada Blogger lebih banyak disukai oleh para pemula. Hal ini dikarenakan pada Blogger kalian tidak perlu untuk mengeluarkan biaya berlebih untuk mendapatkan Custom Domain. Namun, apabila kalian ingin menggunakan Custom Domain pada Wordpress, kalian harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk mendapatkannya. Kalian diharuskan membeli paket hosting+domain yang telah Wordpress sediakan sebelumnya.

6. Fitur Userfriendly
Tak dapat dipungkiri, fitur yang ada di Blogger lebih userfriendly daripada yang ada di Wordpress. Bagaimana cara kita untuk mengakses satu fitur ke fitur yang lainnya lebih mudah untuk dilakukan daripada yang biasa dijumpai di Wordpress. Di Blogger kalian juga dapat dengan mudah menghafal serta menerapkan segala hal yang mungkin dibutuhkan untuk kebutuhan blogging kalian. Namun, jika pada Wordpress kalian perlu mempelajari satu dua hal terlebih dahulu.

7. Manajemen Media
Manajemen media yang ada di Wordpress apabila dibandingkan dengan yang ada di Blogger tentunya lebih terstruktur dan tertata rapi. File-file sebagai media upload dapat kita atur sedemikian rupa. Kejelasan dan kedetailan data yang di upload juga lebih baik Wordpress daripada yang ada di Blogger.

8. Tipe Postingan
Tipe postingan yang ada pada Wordpress jauh lebih lengkap dan detail daripada yang ada di Blogger. Kalian akan menemukan berbagai perbedaan mendasar ketika akan memposting tulisan kalian ketika menggunakan Wordpress. Tata letak fitur untuk memposting pada Wordpress juga lebih kompleks dan lengkap. Di Blogger kalian hanya memerlukan tulisan saja untuk memposting sebuah artikel. Kalian tidak perlu untuk memasukkan data-data penunjang lainnya seperti yang ada di Wordpress.

9. Pemasangan Script
Jika kalian telusuri lebih dalam lagi, pada Blogger kalian dapat melakukan pemasangan script Javascript dengan mudah. Namun untuk Wordpress, kalian tidak boleh melakukannya. Hal ini lantaran platform Wordpress berbeda dengan Blogger. Di Wordpress kalian tidak diizinkan untuk mengatur codingan atau script yang ada pada platform tersebut. Sistem Pay Per Click pun juga tidak dapat kalian lakukan di sini. Namun berbeda halnya dengan Blogger, di sini kalian dapat dengan bebas menggunakan script codingan dari luar sesuai kebutuhan. Dan hanya di Blogger saja kalian dapat menerapkan bisnis Pay Per Click ini.

10. Komentar
Ketika kalian menggunakan Wordpress, tentu kalian di sini dapat mengedit komentar-komentar yang ada pada postingan artikel kalian. Kalian sebagai pemilik blog akan memiliki akses untuk mengatur sedemikian rupa semua komentar yang masuk ke blog kalian. Menghapus komentar yang masuk, mensensor kata, mengedit komentar dan berbagai hal lainnya. Tetapi apabila kalian menggunakan Blogger, kalian tidak dapat melakukan hal-hal seperti itu. Kalian hanya diberikan 2 opsi pilihan, yaitu Take it or Leave it. Maksud dari 2 opsi ini adalah kalian akan membiarkan komentar itu atau membuangnya begitu saja.

Sekian artikel 10 Perbedaan Blogger dan WordPress mungkin itu dulu yang bisa saya jelaskan disini. Jika Anda ingin bertanya atau ingin memberikan pendapat bisa melalui kolom komentar dibawah. Keep Smile :)

0 Response to "10 Perbedaan Blogger dan WordPress"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel